Search User Login Menu
Tools
Close

dens
/ Categories: Teknologi

Samsung Umumkan Kamera Smartphone 108 MP, Xiaomi Jadi Pengguna Pertama

Samsung resmi mengumumkan teknologi kamera dengan resolusi hingga 108 MP. Foto/ist

 

SEOUL - Sensor terbaik sampai sekarang belum terlihat ketika ditempat ke perangkat seluler. OEM dan pembuat sensor, seperti Samsung dan Sony, akan terus mendorongnya melampaui batas. 

Samsung mengumumkan sensor kamera 48 MP pada bulan Mei lalu. Di saat banyak pabrikan seperti Xiaomi dan realme bakal memamerkan smartphone dengan resolusi 48 MP, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu sudah melahirkan kembali sensor ISOCELL Bright HMX. Sensor baru yang menawarkan resolusi hingga 108 MP.

Laman Giz China melaporkan, Xiaomi langsung menyambar temuan baru ini. Mereka mengisyaratkan bakal menjadi yang pertama untuk menghasilkan smartphone dengan sensor ISOCELL Bright HMX 108 juta piksel. 

Samsung mengklaim sensor Bright HMX adalah yang pertama di industri dengan resolusi yang setara kamera DSLR kelas atas. Ini adalah sensor ponsel pertama yang mengadopsi ukuran besar 1/1,33 inci.

Dengan pembukaan kamera tersebut, HMX dapat menerima lebih banyak cahaya dalam pengaturan cahaya rendah daripada sensor yang lebih kecil. Teknologi Tetracell-nya menggabungkan piksel sehingga memungkinkan sensor meniru sensor piksel besar dan menghasilkan gambar 27 MP yang lebih terang. 

Saat berada di lingkungan objek yang terang, sensor beralih ke Smart-ISO-nya. Hal ini memungkinkan kamera secara cerdas memilih tingkat penguatan amplifier sesuai pencahayaan lingkungan guna mengonversi sinyal cahaya-ke-daya yang optimal. Kemudian beralih ke ISO rendah demi meningkatkan saturasi piksel untuk foto yang jelas.

Mekanisme ini menggunakan ISO tinggi dalam pengaturan yang lebih gelap untuk mengurangi noise, dan menghasilkan gambar yang lebih jelas. HMX mendukung perekaman video tanpa kehilangan di bidang pandang pada resolusi hingga 6K (6016 x 3384) 30-frame-per-detik (fps).

Dalam pernyataan resminya, Samsung mengatakan, ISOCELL Bright HMX diproduksi massal akhir bulan ini. Xiaomi pun awal Agustus lalu mengonfirmasi sudah memiliki handphone dengan ISOCELL Bright HMX.


 

Previous Article Luhut Panggil Bos Grab Bahas Suntikan Dana Jepang
Next Article Mesin 155cc Kode B1V Bocor, Yamaha Panaskan Pasar Adventure
Print
38 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Back To Top