Search User Login Menu
Tools
Close

dens
/ Categories: Finansial

Penjualan Mobil Anjlok Bisa Picu PHK?

PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soejopranoto mengakui pertumbuhan ekonomi global yang melambat berpengaruh terhadap industri otomotif.

 Toyota

 

Jakarata - Perlambatan perekonomian global tentu berpengaruh terhadap industri otomotif. Hal itu dikhawatirkan berdampak kepada penjualan hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soejopranoto mengakui pertumbuhan ekonomi global yang melambat berpengaruh terhadap industri otomotif.

"Kalau kita membaca market otomotif, itu turun sampai 70.000 unit. Dari Januari-Juni (2018) market kita 550.000 unit, sekarang (Januari-Juni 2019) 481 ribu," katanya di Jakarta, Kamis (15/8/2019). 

Dalam hitungannya, Franciscus memperkirakan akan ada penurunan penjualan unit mobil sampai akhir tahun dibanding tahun lalu menjadi 1,070 juta unit. Namun, ia berharap penurunan tidak terlalu mendalam. 

Menurunnya angka penjualan hingga lambatnya pertumbuhan ekonomi kerap dibarengi dengan upaya efisiensi produksi. Tidak menutup kemungkinan opsi PHK tenaga kerja. Namun, Soerjopranoto mengatakan hal tersebut tidak terjadi di PT TAM.

"Untuk PHK, kita tidak sampai ke sana," katanya.

Franciscus mengatakan hanya ada pertukaran posisi pada karyawan untuk menghadapi situasi semacam ini. PHK bukan langkah populer untuk diambil karena akan menurunkan daya beli.

"Dengan ekonomi (melambat) sekarang saja, orang cenderung untuk tidak membeli mobil baru. Apalagi kalau PHK, dia pasti akan berpikir untuk kebutuhannya saat ini," ujarnya.

Senada dengan Franciscus, Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengaku dirinya belum mendengar informasi PHK di tubuh perusahaan.

"Kalau Toyota market turun, penurunanya tidak terlalu dalam. Market share naik 2,1% ke 3,5%, sementara tidak terlalu ada impact (dampak) ke perusahaan," katanya.

Previous Article Garena Free Fire Selesai Maintenance, Ini Update Terbarunya
Next Article Ancaman Resesi, Penjualan Mobil Diramal di Bawah 1 Juta Unit
Print
35 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Back To Top