Search User Login Menu
Tools
Close

dens
/ Categories: Finansial

Jokowi Pidato Mobil Listrik, Industri Otomotif Makin Semangat

Indonesia sudah mulai membuka ruang untuk industri mobil listrik

Infografis/Mobil Listrik Siap Meluncur, Bagaimana Nasib B20 RI?/Arie Pratama

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan menegaskan, Indonesia sudah mulai membuka ruang untuk industri mobil listrik. Jokowi ingin Indonesia dapat membangun industri mobil sendiri.

"Kita sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik tapi kita ingin lebih dari itu, kita ingin membangun industri mobil listrik sendiri," kata Jokowi, Jumat (16/8/2019). Pernyataan Jokowi tersebut pun disambut baik oleh pengusaha otomotif. 

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto mengatakan hal ini telah memberikan kepastian kepada para pengusaha yang ingin berkecimpung dalam industri mobil listrik. Momentum ini bersamaan dengan terbitnya Perpres 15/2019 yamg diundangkan pada 12 Agustus kemarin.

"Arah pemerintah jelas, sekarang bagaimana para APM dan pengusaha yang mau masuk ke industri mobil listrik termasuk komponen sudah punya pegangan," kata Jongkie kepada CNBC Indonesia, Jumat (16/8/2019).

Ia mengatakan Gaikindo siap mendukung pengusaha yang ingin berkecimpung dalam pengembangan mobil listrik nasional. Tinggal menunggu waktu.

"Cuma masalah kapan, bulan depan atau tidak bisa dipastikan. Perlu persiapan, perlu investasi. Tetapi aturan main sekarang sudah jelas," ucapnya.

Meski begitu, para pengusaha masih menunggu aturan turunan terkait PPnBM. 

"Silakan yang ingin membuat produk caranya bagaimana kita Gaikindo mendukung siapa yang ingin membuat mobil listrik. Ini kan sudah jelas sekarang, tinggal menunggu PPnBM. Siapa yang ingin terlibat pasti kita dukung," katanya.
 

Previous Article Pukul 13:00 WIB: Rupiah Menguat ke Rp 14.225/US$
Next Article Harga Emas Sentuh Rp766 Ribu per Gram
Print
69 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Back To Top