Search User Login Menu
Tools
Close

dens
/ Categories: Energi

Rencana Cabut Subsidi Listrik 900 VA Simpang Siur, Ini Kata ESDM

(ESDM) buka suara soal rencana mencabut subsidi tarif listrik 900 VA

Dirjen Ketenagalistrikan ESDM Rida Mulyana/Foto: Ari Saputra

 

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) buka suara soal rencana mencabut subsidi tarif listrik 900 VA golongan rumah tangga mampu (RTM). Sebelumnya, ramai diberitakan soal keputusan rapat antara DPR dan pemerintah mau mencabut subsidi tarif listrik 900 VA RTM.

Apa penjelasan pemerintah terhadap rencana tersebut?

"Yang kemarin disepakati kita dengan Banggar (Badan Anggaran DPR) bukan pengurangan subsidi, tapi membuat subsidi agar subsidi tepat sasaran. Salah satunya yang kurang tepat sasaran 900 VA RTM (rumah tangga mampu)," terang Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyani di DPR, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

"Kan (subsidi) jadi Rp 57 triliun yang RTM aja di take out, tapi sekali lagi belum diputuskan, itu baru kesepakatan Banggar. Dari Rp 62 triliun menjadi Rp 57 triliun itu kelihatan mana yang di-take out," sambung mantan Dirjen Energi Baru dan Terbarukan itu.

Menurut Rida untuk pencabutan subsidi ini harus ditetapkan dalam undang-undang, dan saat ini dalam pembahasan menuju undang-undang APBN.

"Ini belum ditetapkan, ini kan proses pengundangan, kalau kemarin di Banggar salah satu proses APBN," ujarnya.

Terakhir Rida menambahkan, saat ini sebagian besar pelanggan 900 VA RTM sudah tidak subsidi.

"Yang sudah di-take out 22 juta, yang tertinggal 900 VA cuma 7 juta. Tapi sekali lagi kesepakatan rapat lho ya, keputusan setelah jadi undang-undang," tutupnya.

Previous Article Ilmuwan Temukan Bukti Teori Mengerikan Punahnya Dinosaurus
Next Article Jegal Gojek, Grab Bakal Gabungkan OVO Dengan DANA
Print
17 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Back To Top